Minggu, 25 April 2010

Menambah Durasi Perekaman Sound Recorder

Pada setiap sistem operasi windows, telah dilengkapi dengan fitur Sound Recorder. Program ini berfungsi untuk merekam suara yang dihasilkan oleh komputer maupun suara yang masuk ke komputer melalui microphone atau line-in. Namun sayangnya kemampuan yang ditawarkan tidak sebagus namanya, karena Sound Recorder ini hanya mampu merekam suara selama 60 detik atau 1 menit saja. Sehingga jarang orang yang mau menggunakan fitur ini, orang-orang lebih memilih menginstal aplikasi yang mempunyai fungsi sejenis yang tentunya memiliki fitur lebih baik ketimbang Sound Recorder ini.
Namun perlu diketahui, kalau sebenarnya kita bisa mengakali program ini, agar bisa digunakan merekam selama lebih dari 60 detik begini cara mengakalinya:
  1. Klik [Start]>[Programs]>[Accessories]>[Entertaintment]>[Sound Recorder] untuk menjalankan program Sound Recorder.
  2. Pada tampilan Sound Recorder yang muncul, tekan tombol [Record] dan biarkan program ini merekam suara yang kita inginkan selama 1 menit penuh.
  3. Ketika perekaman berhenti, save file rekaman dengan cara klik [File]>[Save As..] dan beri nama blank.wav.
  4. Untuk menambah waktu rekam pada Sound Recorder, Klik [Edit]>[Insert File..] dan masukan file blank.wav yang baru disimpan.
  5. Setelah Anda melakukan ini, waktu perekaman akan bertambah 60 detik dan anda bisa melanjutkan dengan perekaman selanjutnya.


Nah cukup mudah bukan? Memang trik ini sangat sederhana, namun cukup bermanfaat bukan? Anda juga bisa mengulangi trik ini jika memerlukan waktu tambahan untuk merekam. Misalnya Anda ingin merekam selama 5 menit, Anda bisa melakukan trik diatas sampai 5 kali. Semoga Bermanfaat ;-)

Sumber : Tabloid PC Plus edisi 14-20 juni 2005



0 komentar:

Posting Komentar