Minggu, 25 April 2010

Antivirus Online

Virus komputer sudah semakin banyak dan penyebarannya pun sudah semakin cepat, baik itu virus lokal maupun luar. Karena semakin banyaknya virus yang menyebar, sepertinya tidak mungkin berkomputer bisa berlangsung mulus dan nyaman tanpa adanya antivirus, baik antivirus yang gratis maupun yang berbayar. Bahkan ada juga beberapa orang yang menginstal anti virus lebih dari satu pada komputernya, seakan tidak cukup untuk menangkal virus jika hanya memakai satu antivirus saja.
Namun sayangnya jika menginstal terlalu banyak antivirus juga akan menyedot banyak sumber daya komputer, sehingga akan menyebabkan sistem melambat dan berat saat bekerja. Pakai antivirus pun tidak hanya sekedar instal terus pakai, habis perkara. Antivirus juga harus diperbarui atau diupdate. Jika tidak diperbarui dengan definisi virus terbaru, aplikasi antivirus tidak akan efektif penggunaannya. Tetapi ukuran update sebuah antivirus terkadang cukup besar, sehingga orang yang koneksi internetnya pas-pasan seperti yang dialami orang banyak, akan cukup sulit saat mengupdate antivirusnya.
Sebenarnya ada beberapa cara untuk terhindar dari virus. Seperti, menggunakan sistem operasi yang jarang dijadikan sasaran para pembuat virus, apalagi mengingat Windows adalah sistem operasi yang sering diserang virus. Tetapi itu tidak menjamin kalau komputer anda akan terbebas dari virus. Bahkan sistem operasi yang dianggap aman seperti Linux dan Mac os sudah mulai menjadi target para pembuat virus, meskipun belum terlalu banyak.Ada sebuah alternatif pilihan yang boleh dicoba, yakni layanan antivirus online.
Antivirus online berlokasi di dunia maya alias internet. Kita bisa berkunjung ke sebuah situs web antivirus online, melakukan pemindaian untuk seluruh harddisk atau file tertentu saja. Namun perlu diketahui kalau layanan ini memiliki keuntungan dan kerugian. Berikut ini beberapa keuntungannya:
  1. Antivirus online biasanya tersedia gratis, sehingga tidak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk menggunakan layanan ini.
  2. Anda dapat menghemat sumber daya, karena cuma browser saja yang bekerja, dan antivirusnya berada pada server pamilik situs web.
  3. Anda tak perlu melakukan update antivirus sama sekali.
Seperti yang sudah disebut sebelumnya, layanan ini juga memiliki beberapa
kekurangan, berikut beberapa kekurangannya:
  1. Komputer harus terus terhubung dengan internet selama proses pemindaian berlangsung.
  2. Tak ada pengecekan secara real-time. Sehingga, tak ada peringatan adanya virus jika pengguna mencolokan USB flasdisk atau media storage eksternal lain yang mengandung virus.
  3. Ada beberapa virus yang bisa mendeteksi alamat-alamat antivirus online. Sehingga, bisa saja virus akan memblok akses ke situs web tersebut.
  4. Beberapa antivirus online hanya bisa bekerja pada browser tertentu saja.
Tetapi biar bagaimana pun, sebaiknya komputer harus tetap diinstal antivirus, jadikan antivirus online ini sebagai keamanan lapis kedua. Ketika antivirus Anda tidak menemukan ancaman apa-apa, namun anda kurang yakin, gunakan layanan antivirus online ini.

Beberapa Layanan Antivirus Online

Berikut ini beberapa layanan antivirus online yang patut dicoba:
• BIT DEFENDER (www.bitdefender.com/scan8/ie.html)
• CA (http://ca.com/us/securityadvisor/virusinfo/scan.aspx)
• ESET (www.eset.com/onlinescan/)
• EWIDO (www.ewido.net/en/onlinescan/)
• F-SECURE (http://support.f-secure.com/enu/home/olsbeta.shtml)
• JOTTI (http://virusscan.jotti.org/)
• MCAFEE FREESCAN (http://us.mcafee.com/root/mfs/)
• PANDA ACTIVESCAN (www.pandasecurity.com/usa)
• TRENDMICRO (http://housecall.trendmicro.com/)


Sumber : Tabloid PC Plus edisi 14-27 oktober 2008

0 komentar:

Posting Komentar