Senin, 22 Maret 2010

Mengenal NCQ Pada Harddisk


Artikel ini akan membahas sedikit tentang yang dinamakan NCQ ( Native Command Queuing ),Harddisk dalam melakukan pekerjaannya masih dibatasi oleh perangkat mekanis yang ada padanya. Padahal komputer saat ini rata-rata membutuhkan kecepatan yang tinggi yang sebetulnya sudah dapat diakomodasi oleh komponen selain harddisk yang telah berkembang dengan pesat.
Namun dari sisi Harddisk, tak ada perkembangan yang terlalu berarti selain dari sisi interface harddisk itu sendiri, seperti kecepatan putaran pelat,dan memory buffer yang semakin cepat dan besar kapasitasnya. Dengan adanya fitur NCQ ini diharapkan adanya peningkatan peforma yang cukup berarti pada Harddisk.
NCQ atau Native Command Queuing merupakan fitur yang dikembangkan dan diperkenalkan pada harddisk Serial ATA atau SATA. Fitur ini dikembangkan untuk meningkatkan performa Harddisk.
Secara sederhana, NCQ sendiri merupakan mekanisme di dalam Harddisk yang memungkinkan perintah-perintah yang baru di antrikan dengan perintah-perintah yang sedang dijalankan, sehingga Harddisk tidak perlu lagi melakukan putaran terlalu banyak, jadi waktu akses akan semakin cepat dan performa akan meningkat
Untuk lebih mudahnya mekanisme NCQ bisa diibaratkan seperti sebuah Lift. Ketika seseorang dari lantai 1 menekan tombol menuju lantai 4, lift akan berjalan naik menuju lantai 4 tersebut, lalu saat perjalanan menuju lantai 4 tersebut, ada seseorang lain dari lantai 3 yang menekan tombol menuju lantai 4.lift dengan segera akan berhenti dahulu di lantai 3 untuk menaikan orang dari lantai 3 tersebut sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan menuju lantai 4. dengan begitu, selain lebih hemat waktu, kerja mesin lift itu bisa lebih ringan karena lift tidak perlu lagi bekerja dua kali untuk naik ke lantai 4 dan turun lagi ke lantai 3,lalu naik lagi ke lantai 4.
Analogi inilah yang bisa menggambarkan mekanisme kerja dari fitur NCQ ini, Permintaan pencarian data baru akan tetap di eksekusi meski Harddisk sedang memproses data sebelumnya.Namun langkah ini bisa dilakukan selama data baru yang diminta dekat dengan sektor data yang sedang dibaca,sehingga motor Harddisk akan bekerja lebih ringan dan kecepatan baca Harddisk akan meningkat dan lebih cepat.


sumber: Tabloid PCPlus

0 komentar:

Posting Komentar