Jumat, 08 Januari 2010

MENJALANKAN KOMPUTER DALAM WEB

Saya pernah membaca sebuah artikel dimana ada sebuah tren muncul dimana browser saat ini memiliki konsep browser sebagai OS. Chrome misalnya, merancang agar setiap tab berada pada proses terisolasi, tapi bukan hanya Chrome microsoft juga melakukan hal yang sama sejak IE7. Bahkan kabarnya ada rencana untuk membuat halaman web menjadi multithreaded.

Setelah konsep browser sebagai OS evolusi berikutnya muncul yakni setiap halaman web adalah OS dan browser sebagai hypervisor. Selain itu teknologi yang juga berkembang pesat adalah virtualisasi.Teknologi ini membawa berbagai kemudahan terutama bagi pengujian perangkat lunak (Software).

Kalau seperti ini rasanya tinggal menunggu waktu saja sampai seluruh aktivitas OS dibawa online. Contohnya sudah cukup banyak , Facebook misalnya. Pada situs jejaring sosial itu pengguna bukan hanya bisa berinteraksi dengan teman atau chating tapi juga bisa bermain game walaupun masih cukup sederhana tapi sudah hebat menurut saya, selain itu pengguna juga bisa mendengarkan musik dan menonton video seperti yang biasa kita lakukan pada komputer sehari-hari. Bahkan ada situs lain yang memungkinkan pengguna untuk mengetik seperti menggunakan aplikasi office dirumah, dan tentunya aktivitas lainnya.


Kesimpulan


Semoga saja perkembangan ini terus berlanjut karena akan semakin memudahkan kita dalam menjalankan aktivitas berkomputer, walaupun semua orang juga tahu kalau tak ada sistem yang sempurna tapi tetap saja ini merupakan sesuatu yang hebat.


Inspirated by:Tabloid PC media

0 komentar:

Posting Komentar