Kamis, 24 Desember 2009

KECERDASAN BUATAN

Akankah perkembangannya mampu melebihi manusia

Kecerdasan buatan atau juga dikenal dengan istilah AI ( Artificial Intelligence) merupakan sebuah sistem yang memungkinkan sebuah mesin dapat menanggapi dan mengambil keputusan dasarkan kondisi yang dihadapinya seperti layaknya otak manusia yang mampu berpikir untuk menghasilkan suatu tindakan. Belakangan istilah ini sering kita dengar dalam dunia teknologi. Tidak dapat disangkal bahwa bantuan komputer memegang peranan penting untuk erkembangan kecerdasan buatan .Umumnya kecerdasan buatan diwujudkan dalam mesin komputer.

Dengan kecerdasan buatan, tentu diharapkan dapat membantu manusia dalam menyelesaikan permasalahan2 yang timbul, kecerdasan buatan dapat diaplikasikan pada berbagai bidang, seperti pada bidang industri, kedokteran, hiburan, dan lain-lain.

Keterbatasan Masalah
Apakah mungkin di masa yang akan datang kecerdasan buatan sudah sdemikian maju sehingga mampu menggantikan seluruh tugas manusia? Sepertinya tidak semudah itu, karena otak manusia memiliki kemampuan luar biasa yang tidak dapat ditiru mesin sampai 100% bahkan sampai saat ini.
Misalnya manusia menyelesaikan suatu masalah secara intuisi ( bayangan ) dan sepertinya tidak mungkin bisa memprogram intuisi pada kecerdasan buatan. Sementara kecerdasan buatan memetakan pemikiran yang dilakukan otak manusia secara sistematis, selain itu asumsi yang timbul pada otak manusia bisa jadi sangat luas dan tidak dapat dicapai oleh kecerdasan buatan.

Mungkinkah akan Mampu Menjajah Manusia
Seperti yang sering digambarkan dalam Film, cerita maupun permainan (Game) yang bertema Sci-Fi, dimana jauh di masa depan mesin-mesin yang sudah sedemikian canggih mampu menjajah bahkan menghancurkan umat manusia yang notabene merupakan pembuatnya. Memang semua hanya khayalan, tetapi kontroversi apakah hal tersebut dapat terjadi atau tidak merupakan hal menarik untuk diperdebatkan

Tapi satu hal yang jelas kecerdasan buatan dibuat dan diarahkan untuk membantu manusia, lagipula kalau melihat alasan pada artikel diatas sepertinya tidak mungkin terjadi. Bagaimana menurut pembaca.


Inspirated by: Tabloid PC Media

0 komentar:

Posting Komentar